Isyana Sarasvati Sering Keseleo Lidah, Apa Penyebabnya?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

isyana_doktersehat_1
Photo Source: Twitter/issarasvati

DokterSehat.Com– Belakangan ini unggahan dari akun Twitter @lippustick mengungkap sebuah fakta menarik tentang penyanyi Isyana Sarasvati. Dalam video yang diunggahnya, terlihat jelas bahwa penyanyi berusia 25 tahun kelahiran Bandung ini sering bicara dengan kata yang terbolak-balik sehingga bisa membuat obrolan menjadi lucu.

Isyana sering keliru mengucapkan beberapa kalimat atau kata dengan terbalik. Sebagai contoh, saat ingin berkata “bener dong”, ia justru mengucapkannya “beneng dor”. Terkadang, Isyana juga mengucapkan kata “tersepona” dan “inspirasa”. Isyana tidak mengucapkannya dengan sengaja dan terkadang gemas sendiri dengan seringnya ia mengalami keseleo lidah ini.

Di dalam kolom komentar, beberapa warganet menyebut Isyana terkena afasia, sejenis gangguan fungsi bicara yang disebabkan oleh kelainan pada otak. Penderita afasia cenderung sering keliru dalam memilih, merangkai, hingga mengartikan kata-kata dalam kalimat. Hanya saja, menurut dr. Eko Budidharmaja, apa yang dialami oleh Isyana bukanlah afasia.

Menurut dr. Eko, afasia seringkali diderita oleh penderita stroke yang mengalami kerusakan otak pada bagian broca atau wernicke sehingga justru membuat mereka tidak bisa mengucapkan kata satupun.

Alih-alih menyebut Isyana terkena afasia, ada kemungkinan ia mengalami kondisi bernama spoonerism. Kondisi ini memang bisa membuat seseorang terbolak-balik saat merangkai kata, persis seperti yang sering dialami Isyana.

Spoonerism adalah kesalahan yang terjadi saat berbicara. Kondisi ini terkait dengan transposisi fonetik sehingga pengidapnya akan mengalami pengucapan huruf mati, huruf hidup, dan morfem dengan terbolak-balik. Di Indonesia, kondisi ini lebih dikenal sebagai selip lidah atau lidah keseleo. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh rasa gugup, berbicara terlalu cepat, atau kurang konsentrasi.

Di Indonesia, spoonerism justru seringkali dijadikan guyonan dan dilakukan dengan sengaja, khususnya oleh para pelawak terkenal. Salah satu pelawak yang sering menggunakannya adalah Asmuni dari Srimulat yang dikenal dengan kalimat khasnya “hil yang mustahal”.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Rahmat Ramadhani

Rahmat Ramadhani

Setiap Orang Memiliki Jam Terbangnya Sendiri Untuk Bersinar
Selama Kamu Tidak Malas Maka Semua Akan Baik Baik Saja Walau Terlambat
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya