Kisi Kisi UKK Akidah Akhlak Kelas 8 MTs Kurikulum 2013

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

 Kisi kisi penulisan soal Ujian Kenaikan Kelas Kisi Kisi UKK Akidah Akhlak Kelas 8 MTs Kurikulum 2013

Kisi kisi UKK Akidah Akhlaq Kls 8. Kisi kisi penulisan soal Ujian Kenaikan Kelas/ UKK - Ulangan Akhir Semester/ UAS genap kls VIII mata pelajaran Akidah Akhlaq MTs tahun ajaran 2016 2017 sesuai dengan kurikulum 2013/ Kurtilas.

Satuan Pendidikan : MTs
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kurikulum 2013
Kelas : VIII
Semester : 2 ( dua )/ Genap
Alokasi waktu : 90 menit
Jumlah Soal : 50 Pilihan Ganda/ PG

Kisi Kisi SMP lainnya :

Kumpulan Kisi Kisi UKK/ UAS SMP Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013
Kumpulan Kisi Kisi UKK/ UAS SMP Kelas 8 Semester 2 KTSP

Indikator Soal :

  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian rosul menurut istilah
  • Pesert didik dapat menjelaskan pengertian Rosul Ulul Azmi
  • Peserta didik dapat mengelompokan nama-nam rosul yang mendapat gelar Ulul azmi
  • Peserta didik dapat menjelaskan salah satu tugas para nabi  rosul Allah 
  • Disajikan beberapa pernyataan yang berkenanaan dengan keimanan kepada rosul Allah, peserta didik dapat menunjukan pernyataan yang berkenaan dengan arti pentingnya berimanan kepada rosul Allah
  • Peserta didik dapat menyebutka salah satu sifat bagi rosul yang artinya cerdas
  • Peserta didik dapat menyebutkan arti amanah 
  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sifat mustahil bagi Rosul
  • Peserta didik dapat menyebutkan  arti kitman
  • Peserta didik dapat  dapat menyebutkan arti ma’sum 
  • Peserta didik dapat menunjukan salah satu contoh sifat jaiz bagi rosul
  • Peserta didik dapat menjelaskan salah satu sejaran yang  membuktikan  adanya rosul 
  • Peserta didik dapat menunjukan salah satu ayat dalam al-Qur’an yang menjelaskan sesungguhnya Allah mengutus para rosul untuk menyerukan “sembahlah Allah dan jauhi thagut”
  • Disajikan HR Ahmad ,peserta didik dapat menyebutkan jumlah Nabi dan Rosul  yang dijelaskan dalam hadits tersebut
  • Peserta didik dapat menjelaskan 4 hikmah beriman kepada rosul-rosul Allah
  • Disajikan bagan tentang sifat-sifat bagi rosul, peserta didik dapat mengisi bagan tersebut dengan macam-macam sifat wajib, mustahi dan jaiz bagi rosul lengkap dengan artinya
  • Peserta didik dapat menunjukan dalil naqli tentang sifat wajib bagi rosul shiddiq 
  • Disajikan potongan ayat dari Qs. Asy-syuara ayat 43, peserta didik dapat menjelaskan arti dari ayat tersebut 
  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian mukjizat
  • Disajikan beberapa fungsi kejadian luar biasa, peserta didik  dapat mengidentifikaasi fungsi mukjizat bagi para rosul
  • Peserta didik dapat  menjelaskan pengertian mukjizat aqliyah dan kauniyah dengan contohnya
  • Disajikan berbagai macam mukjizat para nabi dan rosul,peserta didik dapat menunjukan mukjizat yang diberikan Allah  kepada Nabi Isa as.
  • Disajikan QS. Hud ayat 37,  Peserta didik dapat menyebutkan salah satu mukjizat yang diturunkan kepada rosul.
  • Peserta didik dapat menunjukan salah satu ayat Al-qur’an tentang mu’jizat Nabi Isa as. yaitu dapat menebak makanan yang disimpan dirumah masing-masing.
  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian karomah
  • Peserta didik  dapat menunjukan contoh irhas. 
  • Peserta didik dapat menjelaskan salah satu persaman antara mu’jizat,karomah,maunah dan irhas
  • Disajikan beberapa pernyataan yang berkenaan dengan mukjizat, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan antara mukjizat dengan karomah, maunah dan irhas
  • Peseeta didik dapat menjelaskan salah satu  hikmah adanya mukjizat dan kajadian luarbiasa lainya seperti karomah,maunah dan irhas
  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian husnuzhan  menurut istilah
  • Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji  yang artinya sikap saling menghargai antara sesama manusia dalam batas-batas yang digariskan oleh ajaran islam
  • Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya berakhlak terpuji tawadhu  dalam kehidupan sehari-hari
  • Peserta didik  dapat menuliskan kembali QS. Al-Isra ayat 37  tentang tawadhu lengkap dengan syakalnya dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
  • Disajikan QS. al-Maidah ayat 2,  peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung didalamnya 
  • Disajikan bagan tentang berbagai dampak positif dari akhlak tercela peserta didik dapat menunjukan bagan tentang dampak positif dari akhlak terpuji husnuzhan
  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian  namimah  menurut bahasa
  • Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji yang artinya perbuatan atau tindakan menceritakan aeb orang lain 
  • Peserta dapat  menjelaskan sebab-sebab timbulnya hasad
  • Disajikan secara acak tentang cara-cara menghindari  akhlak tercela peserta didik dapat menunjukan cara-cara menghindari sifat hasad
  • Peserta didik dapat menjelaskan 4 sebab timbulnya namimah 
  • Peserta didik dapat menunjukan dalil naqli tentang larangan ghibah
  • Peserta didik dapat menyebutkan salah satu dampak negatif dari akhlak tercela dendam
  • Peserta didik dapat menjelaskan salah satu adab atau etika dalam bergaul menurut ajaran islam
  • Disajikan Qs. az-Zukhruf ayat 67, tentang etika memilih teman, peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung didalamnya
  • Peserta didik dapat menjelaskan salah satu kelebihan/keistimewaan  yang dimiliki oleh Abu Bakar Ash-Shidiq
  • Peserta didik dapat menjelaskan salah satu keteladanan yang dapat diambil dari kisah Abu Bakar As-Shidiq
Itulah kisi kisi ukk/ uas mts kls 8 akidah akhlaq semester 2/ genap tadi, untuk mendaptkan file lengkapnya silahkan > Download (Mohon maaf link download belum aktif )
Sumber https://www.soalbagus.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Rahmat Ramadhani

Rahmat Ramadhani

Setiap Orang Memiliki Jam Terbangnya Sendiri Untuk Bersinar
Selama Kamu Tidak Malas Maka Semua Akan Baik Baik Saja Walau Terlambat
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya