Jago Jual Rumah Cepat Dengan Teknik SEO
Rumah Hook - Mau jual rumah cepat? Disini akan saya bagikan Cara Ampuh Jual Rumah Agar Cepat Laku dengan Modal SEO (Pencarian di Google), mari kita uraikan sebuah cara terbaik menjual rumah agar cepat laku.
Selalu ada cara selama kita masih mau berkreasi dan mencoba-coba sehingga menemukan langkah terbaik, begitu juga dalam bidang jual beli rumah.
3 Faktor Penarikan Customer di Google
Jadikan 3 Faktor diatas Sebagai Headline atau Judul Iklan kita, Sembunyikan Gimmick, Gimmik hanya digunakan kita Customer sedang ada di Lokasi untuk membuat ikatan antara anda dengan Customer, ini adalah satu pembahasan saya dalam Gratis Belajar SEO.
Lalu, tentukan Media atau Platform anda, seperti OLX, Rumahdijual, atau Urbanindo dan pasarkan atas nama web tersebut, karena customer akan lebih percaya dengan brand yang terkenal ketimbang brand yang baru atau belum terkenal.
Mengingat banyak sekali calon klien dan hot buyer saya yang Akhirnya Kabur karena tergoda oleh Marketing inhouse dan Developer nya.
Nah, yang akan kita gunakan untuk SEOindek Adalah OLX Dan Rumahdijual, saya akan kasih contoh untuk Urbanindo
Study case
Ketik "Rumah dijual di BSD" Di Google, cek siapa yang paling atas selain Iklan, usahakan yang Organic Seach (atau manual bukan pakai iklan google)
Coba cek paling bawah di Penelusuran yang terkait, ada beberapa kata kunci seperti Perumahan BSD Murah dan Cluster terbaru BSD City yang bagus dan cocok untuk anda Tembak Sebagai Kata Kunci, Usahakan Hindarin kata kunci seperti rumah bsd 300 jutaan, rumah dijual di bsd 2016, rumah dijual bsd olx, karena itu bukan kata kunci yang profitable
Hal hal diatas Berguna Agar Iklan anda selalu paling atas yang berarti isi Iklan anda selain Judul yang menarik juga Isi Iklan yang Deskriptif juga menentukan faktor iklan anda Muncul Paling Atas.
Teknik SEO Yang satu ini disebut SEO Onpage
Inti dari on-page SEO Sangat Mudah anda akan mengoptimasi website supaya:
“Saya kan optimasi untuk mesin pencari, kenapa malah fokus ke pengunjung?”
Jawabannya, ini.
Mesin pencari bisa mengetahui apakah pengunjung puas atau tidak dengan halaman yang mereka kunjungi.
Bayangkan kalau anda mencari sesuatu di Google, kemudian masuk ke salah satu website. Ternyata isinya tidak memuaskan. Kemungkinan besar setelah sekian detik anda akan klik tombol ‘back’ untuk mencari website lain.
Ya kan?
Karena Google tentunya ingin menampilkan website-website yang memuaskan pengguna, maka website anda harus memuaskan pengunjung.
Inilah caranya:
Mustahil mendapatkan peringkat 1 tanpa punya konten berkualitas.
…tapi, apa itu konten berkualitas?
Inilah ciri-cirinya:
Tanpa terkecuali.
Perlu anda ketahui juga kalau Google secara terang-terangan menyatakan bahwa mereka menentang konten yang:
Parahnya, konten seperti itu beresiko penalti!
Google dan mesin pencari lain secara aktif memperbaharui algoritma-nya. Semakin ke depan, mereka akan semakin memahami kualitas dari sebuah konten.
Maka, berhati-hatilah dalam menerbitkan konten bagi website anda.
Coba ingat kembali terakhir kali ketika anda menggunakan Google…anda menulis beberapa kata sebagai keyword-nya.
Kemudian Google menampilkan hasil yang berkaitan dengan keyword tadi.
Semakin relevan dengan keyword, semakin tinggi peringkatnya.
Jadi, mengoptimasi halaman berarti mengoptimasi keyword.
Setiap halaman di website anda harus dioptimasi paling tidak untuk 1 kata kunci.
Caranya?
Dengan menyertakan keyword dalam halaman website anda.
Tepatnya di dalam konten, di judul, dan di URL.
Dengan demikian, mesin pencari dan pengunjung akan langsung memahami apa isi dari halaman website anda.
Satu hal lagi…
Anda harus memahami apa maksud di balik sebuah keyword.
Misalnya seseorang melakukan pencarian di Google dengan kata kunci “beli iphone”.
Kira-kira apa maksudnya?
Apakah dia ingin membeli iPhone ataukah dia ingin membaca artikel tentang cara membeli iPhone? Hmm…sepertinya yang pertama lebih masuk akal.
Google juga paham dengan hal ini.
Sehingga Google akan menampilkan halaman yang menjual iPhone.
Maka dari itu, mustahil bisa mendapatkan peringkat tinggi apabila anda menyediakan artikel tentang cara membeli iPhone.
Cara termudah untuk mengoptimasi judul yaitu dengan menyertakan keyword utama yang anda incar.
Misalnya keyword “belajar SEO”, maka judulnya mengandung kata “belajar SEO”.
Tapi itu saja belum cukup!! yang terpenting dalam judul bukan optimasi keyword, tapi optimasi terhadap ketertarikan manusia.
Apabila judul yang anda buat mampu menarik banyak pengunjung, maka peringkatnya akan naik.
Logikanya begini:
Misalkan ada 2 website yang bersaing, di peringkat 1 dan 2, Ternyata peringkat 2 lebih banyak mendapatkan pengunjung daripada peringkat 1
karena judul yang dia buat lebih menarik, sehingga banyak yang klik.
Google ingin mengutamakan hasil terbaik, maka website di peringkat 2 akan dinaikkan ke peringkat pertama.
Masuk akal?
Karena judul adalah elemen halaman yang paling pertama dibaca di hasil pencarian, maka dengan mengoptimasi judul jumlah klik bisa bertambah.
Berikut ini contoh URL yang tidak baik. Hindari penggunaan URL seperti ini.
Contohnya:
Meta description sebetulnya tidak mempengaruhi rangking halaman anda.
Selain itu, juga tidak selalu muncul di hasil pencarian.
Karena Google sekarang lebih sering menggunakan kalimat di dalam konten sebagai deskripsi halaman.
Meskipun demikian, tidak ada salahnya bagian ini dioptimasi.
(Lagipula tidak memakan waktu lama)
Dengan meta description yang menarik, maka kemungkinan orang lain untuk mengunjungi website anda akan semakin tinggi.
Seperti logika tadi, semakin banyak klik dari manusia = semakin baik peringkatnya.
Anehnya, banyak yang beranggapan gambar justru merugikan…
…tidak benar.
Tidak ada kerugian dalam menggunakan multimedia dalam konten.
Kecuali, apabila jumlahnya sangat banyak sehingga membuat komputer pengunjung website anda macet. Atau apabila tidak ada kaitannya dengan konten.
Beberapa tips:
Agar informasinya tidak menyesatkan banyak orang, Inilah mengapa website besar lebih mudah masuk halaman pertama, karena reputasinya sudah terbangun sejak lama.
Nah, karena website anda masih baru, Google menganggap isinya belum bisa dipercaya.
Karena belum dipercaya, maka akan lebih sulit mendapatkan peringkat tinggi.
Disini lah link referensi bisa membantu.
Link ke website lain yang reputasinya bagus dan relevan akan membuat reputasi konten anda jadi lebih baik.
Analoginya seperti ini:
Coba ambil salah satu buku non-fiksi.
Di dalam buku tersebut pasti ada daftar pustaka atau catatan kaki.
Isinya informasi kutipan dari sumber lain.
Buku tanpa kutipan sumber lain akan dianggap tidak terpercaya.
Bounce artinya ketika seseorang masuk ke website anda, kemudian dia langsung keluar tanpa melakukan apapun.
Kalau bounce rate dari website anda tinggi, bisa jadi karena:
Sehingga bounce rate bisa jadi faktor yang menunjukkan kepuasan pengunjung.
Salah satu upaya untuk menurunkan bounce rate adalah dengan memasang internal link (link antar halaman), supaya pengunjung dengan mudah berkunjung ke halaman lain dalam website anda.
Justru sebaliknya.
Social share punya dampak tidak langsung terhadap peringkat website.
Ini manfaat dari social share:
Inilah yang punya efek terhadap SEO, Ketika website anda sudah dikenal, maka orang-orang akan mencari website anda lewat Google.
Karena banyak yang mencari lewat Google, artinya reputasi website anda akan dianggap bagus oleh Google.
Kemudian gunakan elemen pemicu popularitas untuk membuat konten yang menarik untuk di-share.
Dalam artikel yang ditulis oleh Billy Hoffman di MOZ, terlihat bahwa website yang berada dalam peringkat atas memiliki waktu respon yang lebih singkat.
Time to First Byte (TTFB) artinya waktu yang dibutuhkan server website sampai user mendapat 1 byte pertama. Dengan kata lain, waktu respon server.
Peningkatan kecepatan bukan hanya untuk mesin pencari.
Pengunjung juga akan jadi lebih nyaman berada dalam website yang waktu loadingnya singkat.
Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan:
Anda bisa menguji kecepatan website anda melalui Google Page Speed Test. Segera lakukan perbaikan kalau skornya di bawah 75.
Semoga bermanfaat dan Tunggu Artikel saya yang Selanjutnya yah, yang akan saya kupas hingga ke akarnya dalam Bab 3 ini, terima kasih ^^
Selalu ada cara selama kita masih mau berkreasi dan mencoba-coba sehingga menemukan langkah terbaik, begitu juga dalam bidang jual beli rumah.
3 Faktor Penarikan Customer di Google
- Ceritakan tentang Selling Point dari Lokasi dan Lingkungan
- Tawarkan Promo Diskon Cara bayar atau Berupa Peralatan
- Patok Harga Awal Yang Bersaing
Jadikan 3 Faktor diatas Sebagai Headline atau Judul Iklan kita, Sembunyikan Gimmick, Gimmik hanya digunakan kita Customer sedang ada di Lokasi untuk membuat ikatan antara anda dengan Customer, ini adalah satu pembahasan saya dalam Gratis Belajar SEO.
Lalu, tentukan Media atau Platform anda, seperti OLX, Rumahdijual, atau Urbanindo dan pasarkan atas nama web tersebut, karena customer akan lebih percaya dengan brand yang terkenal ketimbang brand yang baru atau belum terkenal.
Mengingat banyak sekali calon klien dan hot buyer saya yang Akhirnya Kabur karena tergoda oleh Marketing inhouse dan Developer nya.
Nah, yang akan kita gunakan untuk SEOindek Adalah OLX Dan Rumahdijual, saya akan kasih contoh untuk Urbanindo
Study case
Gambar Pertama |
Ketik "Rumah dijual di BSD" Di Google, cek siapa yang paling atas selain Iklan, usahakan yang Organic Seach (atau manual bukan pakai iklan google)
Contoh Kata Kunci yang bagus |
Coba cek paling bawah di Penelusuran yang terkait, ada beberapa kata kunci seperti Perumahan BSD Murah dan Cluster terbaru BSD City yang bagus dan cocok untuk anda Tembak Sebagai Kata Kunci, Usahakan Hindarin kata kunci seperti rumah bsd 300 jutaan, rumah dijual di bsd 2016, rumah dijual bsd olx, karena itu bukan kata kunci yang profitable
Hal hal diatas Berguna Agar Iklan anda selalu paling atas yang berarti isi Iklan anda selain Judul yang menarik juga Isi Iklan yang Deskriptif juga menentukan faktor iklan anda Muncul Paling Atas.
Teknik SEO Yang satu ini disebut SEO Onpage
Inti dari on-page SEO Sangat Mudah anda akan mengoptimasi website supaya:
- Bermanfaat tinggi bagi pengunjung
- Memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi
- Pengunjung merasa betah di dalamnya
- Mesin pencari mengerti struktur website anda
“Saya kan optimasi untuk mesin pencari, kenapa malah fokus ke pengunjung?”
Jawabannya, ini.
Mesin pencari bisa mengetahui apakah pengunjung puas atau tidak dengan halaman yang mereka kunjungi.
Bayangkan kalau anda mencari sesuatu di Google, kemudian masuk ke salah satu website. Ternyata isinya tidak memuaskan. Kemungkinan besar setelah sekian detik anda akan klik tombol ‘back’ untuk mencari website lain.
Ya kan?
Karena Google tentunya ingin menampilkan website-website yang memuaskan pengguna, maka website anda harus memuaskan pengunjung.
Inilah caranya:
Komponen Halaman Website yang Optimal
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna website. Kita akan bahas satu per satu dari setiap kategori berikut:- Konten
- Keyword
- Judul
- URL
- Meta description
- Media gambar
- Outbound link
- Internal link
- Social sharing
- Kecepatan website
1. Konten dengan kualitas terbaik
Kalau anda perhatikan, konten adalah komponen utama dalam halaman website. Artinya, konten memegang peranan terbesar dalam optimasi on-page.Mustahil mendapatkan peringkat 1 tanpa punya konten berkualitas.
…tapi, apa itu konten berkualitas?
Inilah ciri-cirinya:
- Memberikan manfaat maksimum bagi pengunjung
- Lebih menonjol dibandingkan konten lain yang sejenis
- Disimak dalam waktu panjang oleh pengunjung
- Membangkitkan perasaan (kagum, terhibur, bahagia, dll.)
- Menyelesaikan permasalahan pengunjung
Itulah 5 kriteria konten berkualitas.Kalau anda ingin mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari dalam durasi yang lama, maka konten anda sebaiknya memenuhi kelima hal itu.
Tanpa terkecuali.
Perlu anda ketahui juga kalau Google secara terang-terangan menyatakan bahwa mereka menentang konten yang:
- Kurus (thin), dengan kata lain tidak berbobot
- Tidak memberikan nilai tambah bagi pembaca
- Tidak original
- Membuat pembaca frustrasi (karena kualitasnya rendah)
Parahnya, konten seperti itu beresiko penalti!
Google dan mesin pencari lain secara aktif memperbaharui algoritma-nya. Semakin ke depan, mereka akan semakin memahami kualitas dari sebuah konten.
Maka, berhati-hatilah dalam menerbitkan konten bagi website anda.
2. Keyword yang populer dan tepat sasaran
Coba ingat kembali terakhir kali ketika anda menggunakan Google…anda menulis beberapa kata sebagai keyword-nya.
Kemudian Google menampilkan hasil yang berkaitan dengan keyword tadi.
Semakin relevan dengan keyword, semakin tinggi peringkatnya.
Jadi, mengoptimasi halaman berarti mengoptimasi keyword.
Setiap halaman di website anda harus dioptimasi paling tidak untuk 1 kata kunci.
Caranya?
Dengan menyertakan keyword dalam halaman website anda.
Tepatnya di dalam konten, di judul, dan di URL.
Dengan demikian, mesin pencari dan pengunjung akan langsung memahami apa isi dari halaman website anda.
Satu hal lagi…
Anda harus memahami apa maksud di balik sebuah keyword.
Misalnya seseorang melakukan pencarian di Google dengan kata kunci “beli iphone”.
Kira-kira apa maksudnya?
Apakah dia ingin membeli iPhone ataukah dia ingin membaca artikel tentang cara membeli iPhone? Hmm…sepertinya yang pertama lebih masuk akal.
Google juga paham dengan hal ini.
Sehingga Google akan menampilkan halaman yang menjual iPhone.
Maka dari itu, mustahil bisa mendapatkan peringkat tinggi apabila anda menyediakan artikel tentang cara membeli iPhone.
3. Judul halaman yang mengundang klik
Cara termudah untuk mengoptimasi judul yaitu dengan menyertakan keyword utama yang anda incar.
Misalnya keyword “belajar SEO”, maka judulnya mengandung kata “belajar SEO”.
Tapi itu saja belum cukup!! yang terpenting dalam judul bukan optimasi keyword, tapi optimasi terhadap ketertarikan manusia.
Apabila judul yang anda buat mampu menarik banyak pengunjung, maka peringkatnya akan naik.
Logikanya begini:
Misalkan ada 2 website yang bersaing, di peringkat 1 dan 2, Ternyata peringkat 2 lebih banyak mendapatkan pengunjung daripada peringkat 1
karena judul yang dia buat lebih menarik, sehingga banyak yang klik.
Google ingin mengutamakan hasil terbaik, maka website di peringkat 2 akan dinaikkan ke peringkat pertama.
Masuk akal?
Karena judul adalah elemen halaman yang paling pertama dibaca di hasil pencarian, maka dengan mengoptimasi judul jumlah klik bisa bertambah.
4. URL yang singkat dan deskriptif
Meskipun pengaruhnya tidak besar, tapi URL yang mengandung keyword dapat mempengaruhi peringkat website anda di hasil pencarian.
Berikut ini contoh URL yang tidak baik. Hindari penggunaan URL seperti ini.
- panduanim.com/?p=94
Contohnya:
- Halaman tentang ‘resep bakso’ > domain.com/resep-bakso/
- Halaman produk ‘macbook pro’ > domain.com/laptop/macbook-pro/
5. Meta description yang deskriptif dan mengundang klik
Meta description adalah 1-2 kalimat yang muncul dalam hasil pencarian:
Meta description sebetulnya tidak mempengaruhi rangking halaman anda.
Selain itu, juga tidak selalu muncul di hasil pencarian.
Karena Google sekarang lebih sering menggunakan kalimat di dalam konten sebagai deskripsi halaman.
Meskipun demikian, tidak ada salahnya bagian ini dioptimasi.
(Lagipula tidak memakan waktu lama)
Dengan meta description yang menarik, maka kemungkinan orang lain untuk mengunjungi website anda akan semakin tinggi.
Seperti logika tadi, semakin banyak klik dari manusia = semakin baik peringkatnya.
6. Gambar berkualitas tinggi dan berukuran optimal
Bayangkan sebuah halaman website yang 100% isinya teks, pasti sangat membosankan. Maka dari itu, gambar dan/atau video merupakan nilai tambah.
Anehnya, banyak yang beranggapan gambar justru merugikan…
…tidak benar.
Tidak ada kerugian dalam menggunakan multimedia dalam konten.
Kecuali, apabila jumlahnya sangat banyak sehingga membuat komputer pengunjung website anda macet. Atau apabila tidak ada kaitannya dengan konten.
Beberapa tips:
- Gunakan gambar yang berhubungan dan menjelaskan konten
- Gunakan tipe ekstensi yang tepat agar ukuran file tidak membengkak
- Pastikan resolusi gambar sesuai dengan yang ditampilkan
- Kompres gambar supaya optimal
- Tambahkan atribut alt ketika meletakkan gambar
7. Referensi berupa link ke website lain
Poin ini sangat penting terutama bagi website baru, Google sebagai pusat informasi tentunya ingin menyediakan konten-konten yang terpercaya.
Agar informasinya tidak menyesatkan banyak orang, Inilah mengapa website besar lebih mudah masuk halaman pertama, karena reputasinya sudah terbangun sejak lama.
Nah, karena website anda masih baru, Google menganggap isinya belum bisa dipercaya.
Karena belum dipercaya, maka akan lebih sulit mendapatkan peringkat tinggi.
Disini lah link referensi bisa membantu.
Link ke website lain yang reputasinya bagus dan relevan akan membuat reputasi konten anda jadi lebih baik.
Analoginya seperti ini:
Coba ambil salah satu buku non-fiksi.
Di dalam buku tersebut pasti ada daftar pustaka atau catatan kaki.
Isinya informasi kutipan dari sumber lain.
Buku tanpa kutipan sumber lain akan dianggap tidak terpercaya.
8. Internal link untuk mempermudah navigasi
Ada istilah yang namanya bounce.
Bounce artinya ketika seseorang masuk ke website anda, kemudian dia langsung keluar tanpa melakukan apapun.
Kalau bounce rate dari website anda tinggi, bisa jadi karena:
- Kualitasnya mengecewakan
- Navigasinya sulit
Sehingga bounce rate bisa jadi faktor yang menunjukkan kepuasan pengunjung.
Salah satu upaya untuk menurunkan bounce rate adalah dengan memasang internal link (link antar halaman), supaya pengunjung dengan mudah berkunjung ke halaman lain dalam website anda.
9. Bisa di-share ke social media
Saat ini Google tidak menganggap jumlah share sebagai faktor penentu peringkat di Google, tapi bukan berarti social sharing tidak penting.
Justru sebaliknya.
Social share punya dampak tidak langsung terhadap peringkat website.
Ini manfaat dari social share:
- Tambahan pengunjung
- Branding, website anda akan dikenal
- Faktor kepuasan bertambah tinggi (kalau website anda bisa memuaskan pengunjung yang datang)
- Beberapa dari pengunjung akan memberikan backlink (dibahas lebih lanjut dalam bab selanjutnya)
Inilah yang punya efek terhadap SEO, Ketika website anda sudah dikenal, maka orang-orang akan mencari website anda lewat Google.
Karena banyak yang mencari lewat Google, artinya reputasi website anda akan dianggap bagus oleh Google.
Oleh karena itu, pasang tombol share di website anda.
Kemudian gunakan elemen pemicu popularitas untuk membuat konten yang menarik untuk di-share.
10. Kecepatan respon dan hambatan kecepatan
Website yang lebih cepat akan mendapatkan peringkat yang lebih baik.
Dalam artikel yang ditulis oleh Billy Hoffman di MOZ, terlihat bahwa website yang berada dalam peringkat atas memiliki waktu respon yang lebih singkat.
Time to First Byte (TTFB) artinya waktu yang dibutuhkan server website sampai user mendapat 1 byte pertama. Dengan kata lain, waktu respon server.
Peningkatan kecepatan bukan hanya untuk mesin pencari.
Pengunjung juga akan jadi lebih nyaman berada dalam website yang waktu loadingnya singkat.
Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan:
- Kualitas hosting yang digunakan
- Jumlah file .js dan .css di <head>
- Ukuran halaman yang terlalu besar sehingga mengganggu pengunjung
Anda bisa menguji kecepatan website anda melalui Google Page Speed Test. Segera lakukan perbaikan kalau skornya di bawah 75.
Semoga bermanfaat dan Tunggu Artikel saya yang Selanjutnya yah, yang akan saya kupas hingga ke akarnya dalam Bab 3 ini, terima kasih ^^
Postingan Lebih Baru
Postingan Lebih Baru
Postingan Lama
Postingan Lama