Pendaftaran Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) Indonesia

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

STMI atau Sekolah tinggi manajemen industri merupakan salah satu institut pendidikan yang berada di bawah naungan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. Sehingga, STMI masih masuk ke daftar Sekolah Ikatan Dinas. Sekolah ini didirkan atas dasar ketetapan dari Menteri Perindustrian. Pada saat awal didirikan, STMI melakukan kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung dalam perkembangan kurikulum serta program-program studi yang ada di dalamnya.


Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) kerja sama ITB


Salah satu bentuk kerja sama dari STMI serta ITB adalah adanya penyusunan dari kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang digunakan untuk pembelajaran di dalam STMI. Sesuai dengan kurikulm KBK yang digunakan, Sekolah Tinggi Manajemen Industri memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang nantinya dapat mengisi kebutuhan akan manajer operasional dalam bidang industry di Indonesia terutama untuk sektor-sektor formal, baik dalam industry kecil ataupun industry menengah.


Persentase kelulusan STMI Indonesia


Setidaknya untuk saat ini sekitar 70% dari lulusan Sekolah Tinggi Manajemen Industri ini telah tersebar merata di berbagai lapangan pekerjaan, sebagian besar diantaranya masuk ke dalam bidang industry manufaktur. Angka tersebut belum termasuk jumlah lulusan yang membuka lapangan pekerjaan sendiri.


Pada awal didirikan pada tahun 1981, program pendidikan di dalam STMI diubah menjadi progam pendidikan untuk diploma. Setidaknya sekitar 3 jurusan yang ditawarkan untuk jenjang Diploma IV antara lain adalah:


• Teknik dan manajemen informatika

• Teknik kimia industri

• Teknik dan manajemen industri


Kemudian pada tahun 2007, jurusan di politeknik STMI diubah dan bertambah menjadi 4 jurusan yaitu:


• Teknik kimia industry

• Teknik manajemen industry

• System informasi industry

• Manajemen bisnis industry


Apa saja syarat untuk menempuh pendidikan di STMI Indonesia?


Adapun syaratnya berikut dibawah.


Syarat Pendaftaran STMI Indonesia


Bagi anda yang tertarik untuk mendaftar ke sekolah tinggi manajemen industry ini, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar:

• Calon pendaftar merupakan lulusan setingkat SMA/MA atau yang sederajat.

• Membawa 2 lembar fotokopi ijasah/SKHU SMA yang sudah dilegalisir.

• Membawa 2 lembar fotokopi raport semester 1-5 yang sudah dilegalisir.

• Membawa biaya pendaftaran (bagi yang mendaftar di tempat)

• Membawa surat pernyataan bahwa calon pendaftar tidak pernah berada dalam tindakan criminal.

• Membawa surat berkelakukan baik disertai bukti dari sekolah asal pendaftar.

• Membawa 2 lembar pas foto berwarna berukuran 3×4.

• Membawa surat keterangan  kerja bagi yang mendaftarkan diri pada program sore atau malam.


Jalur Pendaftaran STMI Indonesia


Untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa baru STMI, terdapat dua cara pendaftaran yang dapat anda pilih:


1. Pendaftaran Di Tempat


Anda dapat langsung mendaftarkan diri di sekolah tinggi manajemen industry yang beralamat di Jalan Cempaka Putih tengah VI no.6, Jakarta Pusat. Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan pada saat mendaftar di tempat.

• Mengisi formulir pendaftaran dengan benar

• Menyerahkan 2 lembar fotokopi ijazah

• Menyerahkan 2 lembar fotokopi rapot kelas X-XII

• Pas foto berwarna berukuran 4×6 (1 lembar)


Baca juga: Pengumuman hasil kelulusan SNMPTN 2017


2. Pendaftaran Online


Anda juga dapat mendaftarkan diri dengan cara online. Anda dapat mengunjungi website resmi dari Sekolah Tinggi Manajemen Industri untuk mendaftar. Berikut langkah-langkah mendaftarkan diri melalui online:

• Anda dapat membayar biaya pendaftaran melalui rekening bank yang tersedia di kontak informasi. Untuk biaya pendaftaran sekitar 150 ribu rupiah.

• Daftar dan upload bukti pembayaran di website resmi dari STMI

• Tim panitia pendaftaran nantinya akan memvalidasi data pribadi anda dan mengirimkan nomor kartu pendaftaran melalui email anda.

• Setelah menerima kartu pendaftaran, anda dapat melihat tanggal ujian yang tertera disana.

• Pada saat tes setidaknya datang satu jam sebelum ujian masuk STMI untuk memvalidasi kartu tes anda.


Pada kedua cara tersebut tentunya pengisian formulir perlu sangat anda perhatikan. Formulir ini nantinya akan digunakan oleh panitia pendaftaran untuk melakukan pendataan dan seleksi kepada para calon pendaftar yang mendaftar ke Sekolah Tinggi Manajemen ini. Oleh sebab itu pengisian formulir terlebih dahulu sangat diutamakan.


Karena formulir pendaftaran ini sangat penting tentunya sangat disarankan bagi calon pendaftar untuk mengisi data diri pribadi di dalam formulir secara lengkap dan benar. Isi formulir tersebut secara berurutan sehingga tidak ada bagian yang tertinggal. Pengisian data yang benar nantinya akan memudahkan anda pada saat proses validasi.


3. Gelombang pendaftaran Sekolah Tinggi Manajemen Industri


Pembukaan pendaftaran untuk Sekolah Tinggi Manajemen Industri ini dibuka setiap tahunnya. Biasanya terdapat 3 gelombang pendaftaran ujian masuk STMI. Untuk hasil pengumuman kelulusan dari calon  pendaftar biasanya diumukan di papan pengumuman yang terdapat di Sekolah Tinggi Manajemen Industri.


Agar dapat lulus dalam ujian masuk STMI ini tentunya calon pendaftar harus belajar dengan sungguh-sungguh pada materi ujian yang akan diujikan nantinya. Bagi anda yang memiliki prestasi sekolah yang cukup baik, anda dapat melampirkan ini ketika pendaftaran. Ini akan sangat membantu untuk memudahkan masuk menjadi mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Industri.


Rincian Biaya Masuk STMI Indonesia


Untuk biaya pendaftaran ujian masuk dari Sekolah Tinggi Manajemen Indonesia adalah sebesar 150 ribu rupiah. Untuk biaya program pendidikan di STMI, tentunya ini menjadi hal yang paling penting yang ingin diketahui oleh calon pendaftar, berikut rincian biaya dari Sekolah Tinggi Manajemen Indonesia ini:

• Biaya SPP persemester untuk program pagi/siang sebesar Rp 3.750.000.

• Biaya SPP persemester untuk progam sore/malam sebesar Rp 4.000.000.

• Biaya buku-buku penunjang sebesar Rp 5.000.000

Sehingga setidaknya untuk pendidikan program pagi biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 35.000.000 dan untuk program pendidikan malam sekitar Rp 37.000.000.


Nah itu tadi info mengenai pendaftaran masuk Sekolah Tinggi Manajemen Industri yang dapat anda simak. Jika masih ada kebingungan, anda dapat langsung mengunjungi website resmi dari STMI atau menghubungi kontak yang tersedia. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda.


 


Sumber:

stmi.ac.id/info/tentang/13/akademik

stmi.ac.id/berita/tentang/berita_pmb/24/proses-pendaftaran-pmb-20172018

ujiansma.com/sekolah-tinggi-manajemen-industri-stmi


Re—





Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Rahmat Ramadhani

Rahmat Ramadhani

Setiap Orang Memiliki Jam Terbangnya Sendiri Untuk Bersinar
Selama Kamu Tidak Malas Maka Semua Akan Baik Baik Saja Walau Terlambat
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya