Telapak Tangan Merah Tanda Penyakit Hati?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

telapak_tangan_merah_doktersehat_1
Photo Source: Cerpen

DokterSehat.Com– Belakangan ini di media sosial dan pesan berantai di aplikasi percakapan sedang viral berita yang menyebutkan bahwa jika sampai telapak tangan kita berwarna merah sebagian, maka hal ini adalah tanda dari adanya penyakit hati, salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia. Sebenarnya, apakah berita ini benar adanya?

Sebenarnya, tangan yang berwarna merah bisa dianggap sebagai sesuatu yang wajar, apalagi jika kita barussaja mencuci tangan atau mengangkat benda yang berat. Berpegangan erat pada suatu benda dalam waktu yang lama juga bisa menjadi penyebabnya.

Hanya saja, jika sebagian besar telapak tangan berwarna merah ini berlangsung dalam waktu yang sangat lama tanpa sebab yang jelas, maka ada kemungkinan hal ini adalah tanda dari palmar erythema, gejala penyakit hati atau liver. Gejala ini sering terjadi pada orang dengan usia lebih dari 50 tahun dan disebabkan oleh terganggunya keseimbangan hormon yang memicu pelebaran pembuluh darah pada sebagian telapak tangan.

Pakar kesehatan dr. Eko Budidharmaja menyebutkan bahwa apa yang diungkap oleh berita ini ternyata benar adanya. Salah satu gejala dari penyakit hati memang eritema palmaris atau kemerahan pada telapak tangan. Hanya saja, terdapat gejala lain yang juga menyertai eritema palmaris ini, yakni warna kuning pada kulit serta selaput mata. Hal ini berarti, kita jangan langsung menyimpulkan diri terkena penyakit hati jika mengalami gejala kemerahan pada telapak tangan.

Jika ragu dengan kondisi telapak tangan yang memerah, segeralah periksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mengetahui apa penyebab pastinya.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Rahmat Ramadhani

Rahmat Ramadhani

Setiap Orang Memiliki Jam Terbangnya Sendiri Untuk Bersinar
Selama Kamu Tidak Malas Maka Semua Akan Baik Baik Saja Walau Terlambat
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya