Patah Tulang Saat Latihan? Atasi dengan 5 Makanan ini

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

nyeri kaki-doktersehat-1024

DokterSehat.Com– Segala sesuatu yang kita lakukan pasti memiliki risiko di baliknya. Apapun itu, tak terkecuali dengan olahraga. Risiko dari aktivitas kebugaran ini cukup banyak, mulai dari cedera ringan sampai cedera berat, seperti patah tulang.

Namun, Anda tak perlu khawatir sebab hal tersebut adalah wajar dan sering dialami oleh pegiat olahraga. Yang harus diperhatikan adalah mengantisipasi agar risiko itu bisa dikurangi seminimal mungkin. Walaupun sudah terjadi, cedera berat pun bisa disembuhkan dengan cepat jika menggunakan cara yang tepat.

Nah, untuk urusan patah tulang akibat latihan, ada beberapa cara perawatannya. Misalnya mulai dari pijat urut, sampai mengatur pola makan. Faktanya, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa mengobati patah tulang secara efektif. Apa saja makanan itu? Berikut diantaranya.

1. Ikan

Ketika sedang cedera tulang, maka perbanyaklah mengonsumsi segala ikan. Sebab, ikan kaya akan omega3 dan vitamin D yang berguna dalam percepatan penyembuhan. Ada banyak ikan yang bisa kita konsumsi secara rutin, mulai dari salmon, tuna, makarel, dan berbagai jenis ikan lainnya.

2. Produk Olahan Susu

Seperti diketahui, susu adalah salah satu jenis minuman yang kaya akan kalsium. Semakin rutin kita mengonsumsinya, maka semakin baik pula manfaatnya bagi tulang. Hal itu juga berlaku bagi tulang yang patah akibat latihan. Jika bosan mengonsumsi susu, kita bisa mengonsumsi produk olahan lainnya, seperti yoghurt atau keju.

3. Telur

Kalau makanan yang satu ini memang sangat penting bagi pegiat olahraga. Sumber protein yang dimiliki telur bisa membuat tubuh ternutrisi dengan baik. Hal itu juga berlaku dalam penyembuhan cedera tulang ketika latihan. Disarankan untuk mengonsumsi minimal dua telur rebus setiap hari, pagi dan malam hari menjelang tidur.

4. Sayuran Hijau

Jenis makanan lainnya yang bisa kita konsumsi untuk penyembuhan cedera tulang adalah sayuran hijau. Namun, carilah sayuran hijau yang kaya akan vitamin K seperti brokoli, kembang kol, asparagus, buncis, bayam, dan sebagainya.

5. Tahu dan Tempe

Kedua makanan ini berasal dari kedelai yang tentunya merupakan sumber protein baik. Tahu dan tempe bisa membuat penyembuhan patah tulang lebih cepat karena albumin pada darah bisa terjaga akibat kedua makanan ini.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Rahmat Ramadhani

Rahmat Ramadhani

Setiap Orang Memiliki Jam Terbangnya Sendiri Untuk Bersinar
Selama Kamu Tidak Malas Maka Semua Akan Baik Baik Saja Walau Terlambat
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya