4 Penyebab Ketiak Hitam yang Sering Tidak Disadari!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

ketiak-hitam-doktersehat

DokterSehat.Com – Ketiak hitam tentu saja membuat setiap pemiliknya tidak percaya diri, apalagi jika harus menggunakan pakaian terbuka yang memperliahatkan ketiak. Tentunya Anda akan merasa kesulitan untuk meutupi ketiak hitam tersebut.

Ada banyak sekali penyebab ketiak menghitam mulai dari hormon, kelainan tubuh yang disebut dengan acanthosis nigricans, hingga masalah hiperpigmentasi kulit. Masalah-masalah tersebut berasal dari dalam tubuh dan tentunya juga harus diatasi dengan pengobatan yang sesuai.

Tapi di luar faktor-faktor tersebut, ternyata penyebab ketik hitam justru kebanyakan berasal dari faktor luar tubuh yang terkadang tidak kita sadari. Kebiasaan yang kita anggap sepele namun kita lakukan terus-menerus tanpa sadar membuat ketiak kita semakin menghitam setiap harinya.

Penyebab Ketiak Hitam

Sebelum Anda mencari solusi untuk mengatasi ketiak hitam Anda, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dulu apa penyebab ketiak hitam Anda. Berikut adalah 4 penyebab ketiak hitam yang jarang disadari!

1. Penggunaan produk yang salah

Sebagian besar orang yang sudah terbiasa menggunakan deodorant pasti akan menjadikan deodorant sebagai kebutuhaan wajib untuk sehari-hari. Semua jenis deodorant dalam bentuk apapun memiliki klaim yang sama yaitu membantu mencegah keringat berlebih dan juga bau badan.

Siapa sangka deodorant yang kita jadikan Andalah justru memberikan efek samping ketiak hitam. Seperti yang kita ketahui deodorant banyak mengandung bahan kimia. Penggunaan deodorant yang salah dan tidak cocok dengan kulit kita bisa menimbulkan reaski seperti gatal dan iritas. Hal ini lah yang tanpa kita sadari lama-kelamaan membuat kulit kita menghitam.

Selain penggunaan deodorant yang tidak tepat, penggunaan sabun yang salah juga bisa menyebabkan iritasi pada ketiak sehingga menyebabkan ketiak hitam

2. Penumpukan sel kulit mati

Sama seperti pada bagian tubuh lainnya, penumpukan sel kulit mati akan membuat kulit jadi berwana lebih gelap. Hal yang sama juga bisa terjadi pada ketiak Anda. Ditambah lagi Anda menggunakan deodorant setiap hari. Penumpukan sisa produk yang bercampur dengan kotoran, debu, dan keringat tentunya akan memicu terjadinya penumpukan sel kulit mati jika tidak secara rutin di bersihkan.

3. Kebiasaan mencukur yang salah

Keberasaan bulu ketiak juga biasanya membuat orang tidak percaya diri sehingga banyak orang yang memiliki kebiasaan rutin mencukur bulu ketiak. Apakah Anda sudah memastikan cara mencukur Anda sudah benar? Banyak orang yang asal saja ketika mencukur bulu ketiak, Kebiasaan mencukur ketiak yang salah juga lagi-lagi dapat menyebabkan iritasi yang berujung pada ketiak hitam.

4. Baju yang terlalu ketat

Penyebab ketiak hitam selanjutnya adalah pakaian yang terlalu ketat. Selain kurang nyaman untuk digunakan dan membuat Anda sulit untuk bergerak, pakaian yang terlalu ketat juga bisa menimbulkan gesekan pada kulit yang akan membuat ketiak hitam.

baca juga : Ketiak Hitam? Pemutih Alami Siap Menghilangkannya

Tips Mengatasi Ketiak Hitam

Pada dasarnya penyebab ketiak hitam yang utama adalah karena bagian kulit ketiak yang sensitif sehingga mudah terkena iritasi. Apakah ketiak hitam bisa kembali menjadi cerah? Tentu saja bisa. Anda hanya harus mengubah kebiasaan-kebiasaan yang sudah disebutkan sebelumnya dan juga merawat ketiak Anda dengan lebih baik.

Berikut adalah tips untuk mengatasi ketiak hitam yang bisa Anda terapkan!

  • Perhatikan setiap produk yang Anda gunakan. Produk deodorant yang bisa menjadi pemutih ketiak juga belum tentu cocok untuk Anda. Hentikan penggunaan deodorant ataupun sabun yang menimbulkan rasa gatal pada kulit Anda.
  • Scrubbing juga bisa menjadi langkah pemutih kulit. Ketika melakukan scrubbing pada tubuh, jangan lupa untuk scrubbing pada bagian ketiak juga. Tapi pastikan Anda tidak menggosok ketiak kasar.
  • Basuh ketiak dengan air hangat dan gunakan krim pencukur setiap akan mencukur ketiak agar ketiak tidak iritasi.
  • Gunakan masker pemutih ketiak dari bahan alami seperti jus lemon, campuran minyak kelapa dan kulit jeruk, yogurt dan susu, atau campuran madu dan mentimun. Gunakan masker secara rutin paling tidak dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.
  • Anda juga bisa menggunakan krim pemutih ketiak sebagai cara yang lebih praktis, tapi jangan lupa untuk tetap memerhatikan kandungan-kandungan dalam produk tersebut.
  • Hindari pengginaan pakaian yang terlalu ketat terutama ketika Anda sedang beraktivitas berat dan banyak bergerak.

Yuk, mulai ubah kebiasaan-kebiasaan penyebak ketiak hitam dan mulai rawat ketiak dengan benar!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Rahmat Ramadhani

Rahmat Ramadhani

Setiap Orang Memiliki Jam Terbangnya Sendiri Untuk Bersinar
Selama Kamu Tidak Malas Maka Semua Akan Baik Baik Saja Walau Terlambat
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya